Tuesday, October 10, 2017



100 GREAT STORIES OF MUHAMMAD

Alhamdulillah, engkau datang tepat waktu.”

Demikian gumam pelan kedua bibir saya, ketika menerima lima  (5) eksemplar buku 100 Great Stories of Muhammad dari Penerbit Safina, Bandung kemarin. Tepat waktu? Ya, karena hari itu, entah kenapa, perasaan bosan untuk menulis  sedang membara dalam benak saya. Padahal, biasanya, saya bisa berjam-jam kuat “bermain-main bersama laptop” untuk menulis segala sesuatu yang dapat saya tulis. Hari itu, saya benar-benar sebal terhadap dunia tulis menulis. Namun, begitu melihat lima naskah buku itu hadir di depan mata saya, kesebalan itu pelan-pelan cair dan sirna. Saya pun bersemangat kembali untuk “bermain-main bersama laptop”. Alhamdulilah.

Sejenak kemudian, benak saya pun melayang-layang ke tahun 1983. Itulah pertama kali “buah tangan” saya lahir. Dalam bentuk sebuah buku terjemah, karya Waheeduddin Khan. Saya kala itu masih sebagai anak sekolah di Kairo, Mesir. Kelahiran buku itu hanya saya ketahui lewat surat saja.

Sejak itu, saya meniatkan diri untuk mengkhidmatkan sebagian besar hidup saya untuk dunia perbukuan. Saya memulai langkah itu sebagai penerjemah. Lahirlah sederet karya terjemahan lewat mesin ketik yang setiap hari saya ketuk. Antara lain Sejarah Kebudayaan Islam, Al-Ghazali: Sang Sufi Sang Filosuf, Filsafat Kebudayaan Islam, Sufi dari Zaman ke Zaman, Kitab Ihya’ ‘Ulum Al-Din (16 jilid), Filsafat Sejarah Ibn Khaldun, Al-Quran dan Ilmu Jiwa, Risalah Cinta: Kitab Klasik Legendaris tentang Seni Mencinta, dan Mutiara Riyadushshalihin. Selain itu, saya juga memulai langkah sebagai editor. Lahirlah sejumlah buku yang saya sunting, antara lain karya Mohammad Arkoun, Membedah Pemikiran Islam dan Kajian Kontemporer Al-Quran, karya Maxim Rodinson, Pesona Islam, dan karya Tasaro G.K., Muhammad (4 jilid).

Kemudian, sekitar 2006, selain sebagai penerjemah dan editor, saya pun mulai memberanikan diri menjadi penulis. Lahirlah kemudian karya-karya saya sendiri. Antara lain, Teladan Indah Rasulullah dalam Ibadah, Mutiara Akhlak Rasulullah Saw., Wangi Akhlak Nabi, Pesan Indah dari Makkah dan Madinah, Muhammad, Sang Kekasih, Makkah-Madinah, Kado Indah untuk Muslimah, Dari Istana Topkapi Hingga Eksotisme Masjid Al-Azhar, Kisah Pencari Nikmatnya Shalat, Ensiklopedia Tokoh Muslim, Jejak-Jejak Islam, Para Pemimpin yang Menjaga Amanah, Tanggung Jawab Pemimpin Muslim, dan Kisah-Kisah Romantis Rasulullah Saw.

Lahirnya karya-karya tersebut, baik terjemahan, suntingan, dan sendiri, tidak lepas dari dukungan istri tercinta dan dua putri tersayang saya. Mereka tahu, dunia  suami dan ayah mereka tidak jauh dari buku dan laptop. Karena itu, kepada merekalah kerap kali nama mereka saya sebut dalam karya-karya tersebut.

Buku, memang dunia saya sejak kecil ketika saya masih tinggal di sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Cepu, hingga kini tinggal di Bandung. Dan, lewat buku, alhamdulillah saya dapat meniti secara fisik maupun non-fisik ke berbagai belahan dunia, untuk “bertemu” dengan tulisan dan pemikiran para penulis dan pemikir dunia.

Terima kasih, Penerbit Safina! Buku 100 Great Stories of Muhammad telah sampai di tangan saya.
 

No comments: